Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 01 Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok

Oktarini, Liza (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 01 Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LIZA_OKTARINI_93567_4521_2012.pdf] Text
final_B1_6_LIZA_OKTARINI_93567_4521_2012.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis karangan narasi. Peserta didik kurang mampu menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Sehingga peserta didik kurang berminat dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 01 Muaro pingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan menulis karangan narasi pada tahap pramenulis, tahap menulis dan pascamenulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi peserta didik mengalami peningkatan, nilai rata-rata menulis karangan narasi peserta didik mengalami peningkatan pada pramenulis meningkat dari 66,77 menjadi 86,05. pada saat menulis meningkat dari 59,27 menjadi 69,72. pada pascamenulis meningkat dari 65,27 menjadi 77,33. sehingga nilai yang diperoleh mengalami peningkatan dari 63,77 pada siklus I menjadi 77,61 pada siklus II. Dengan tingkat ketuntasan 50% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas V SD Negeri 01 Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:24
Last Modified: 22 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item
View Item