Akfiardi, Yudi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan yang Berbeda Penyebut Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 19 Batung Taba Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUDI_AKFIARDI_07669_834_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUDI_AKFIARDI_07669_834_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUDI_AKFIARDI_07669_834_2014.pdf
Download (619kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar Penjumlahan Pecahan yang Berbeda Penyebut pada kelas IV SD Negeri 19 Batung Taba kecamatan lubuk begalung padang disebaabkan karena pembelajaran berpusat pada guru, Guru lebih banyak memberikan penjelasan dalam pembelajaran.Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbeiki proses pembelajaran Penjumlahan Pecahan yang Berbeda Penyebut menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar Penjumlahan Pecahan yang Berbeda Penyebut dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif .data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran Penjumlahan Pecahan yang Berbeda Penyebut mengunakan Contextual Teaching and Learning (CTL).Subjek peneliti terdiri dari guru dan siswa kelas IV SD N 19 Batuang Taba kecamatan lubuk begalung padang yang berjumlah 23 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) perencanaan,2) pelaksanaan, 3)pengamatan, dan 4)refleksi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD. Hal ini terlihat dari (1) Perencanaan pada siklus I 78% , dan siklus II 93%(2) Pelaksanaan dari aspek guru pada siklus I 76% dan siklus II meningkat menjadi 98 % kemudian aspek siswa pada siklus I 60% dan siklus II meningkat menjadi 95% , (3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai ratarata penilaian afektif adalah 72% sedangkan pada siklus II adalah 81%. Rata-rata penilaian psikomotor pada siklus I adalah 75% sedangkan pada siklus 85II%. Nilai rata-rata kognitif siklus I 72% sedangkan pada siklus II rata- ratanya adalah 89%. Dengan demikian terbukti bahwa Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatan Hasil Belajar Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Batung Taba kecamatan lubuk begalung padang .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Penguasaan Konsep Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16070 |