Kontribusi Cara Belajar dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI IPS SMA N 2 Koto XI Tarusan

Usmiwanti, Vovi (2011) Kontribusi Cara Belajar dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI IPS SMA N 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_VOVI_USMIWATI_08285_2011.pdf] Text
B1_5_VOVI_USMIWATI_08285_2011.pdf

Download (255kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas XI IPS SMA N 2 Koto XI
Tarusan terlihat hasil belajar pada mata pelajaran TIK masih rendah, dari 110
siswa sebanyak 53 % berada dibawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah
yaitu ≤ 60. Dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya
adalah cara belajar dan kondisi ekonomi orang tua. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengungkapkan hasil belajar mata pelajaran TIK kelas XI IPS SMA
N 2 Koto XI Tarusan ditinjau dari faktor cara belajar dan kondisi ekonomi orang
tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi
penelitian berjumlah 110 orang dan sampel penelitian berjumlah 52 orang. Untuk
menentukan sampel digunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data
menggunakan angket dengan pengukuran skala likert 1-5. Sebelum digunakan
angket diuji coba terlebih dahulu, validitas butir diuji dengan menggunakan rumus
Pearson Product Moment dan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan
rumus Alpha. kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS
15.0. Teknik Analisa data terdiri dari uji persyaratan analisis data, deskripsi data,
uji hipotesis. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji
One Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis
varian, uji linearitas menggunakan Tes for linearity. Untuk mendeskripsikan data
digunakan teknik analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian
digunakan teknik korelasi sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan hipotesis
kedua serta analisis regresi linear berganda dan uji F pada pengujian hipotesis
ketiga. Hasil analisa data menunjukan bahwa terdapat Hubungan cara belajar
terhadap hasil belajar sebesar 30,33%, kondisi ekonomi orang tua terhadap hasil
belajar sebesar 62,22%, cara belajar dan kondisi ekonomi orang tua secara
bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 39,50%. Dari hasil penelitian
disimpulkan bahwa cara belajar dan kondisi ekonomi orang tua merupakan faktor
yang berhubungan terhadap hasil belajar. Sehubungan dengan hasil penelitian
maka diharapkan kepada semua unsur pendidik untuk dapat menciptakan suasana
yang dapat meningkatkan cara belajar siswa dan diharapkan bagi siswa agar dapat
melaksanakan fungsinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, CARA BELAJAR dan KONDISI EKONOMI ORANG TUA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:22
Last Modified: 22 Jul 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item
View Item