Syawiarni, Syawiarni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Contectual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 27 Sungai Geringging. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAWIARNI_58302_155_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAWIARNI_58302_155_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAWIARNI_58302_155_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh kenyataan di SD Negeri 27 Sungai Geringging bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran PKn dibandingkan siswa sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan menganalisa masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 27 Sungai Geringging.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian teridiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,57% meningkat pada siklus II menjadi 91,06%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 79,17% meningkat menjadi 90,28% pada siklus II. Dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,16% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian Siklus I 71,37% meningkat menjadi 83,44% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Contectual Teaching and Learning (CTL), PKn, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16059 |