Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Pendekatan Quantum Teaching di Kelas III SDN 14 Jati Tanah Tinggi Kota Padang.

Priviana, Yudhi (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Pendekatan Quantum Teaching di Kelas III SDN 14 Jati Tanah Tinggi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUDHITA_PRIVIANA_11951_4866_2014.pdf] Text
final_B1_6_YUDHITA_PRIVIANA_11951_4866_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menulis narasi siswa. Siswa sulit menuangkan idenya dalam bentuk paragraf, belum terampil memilih kata dan menggunakan EYD, serta belum memahami unsur-unsur pada karangan narasi. Hal ini disebabkan, guru belum menggunakan media yang tepat, kurang memberikan arahan penyusunan karangan, serta menyusun karangan tidak sesuai dengan langkahnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan pendekatan Quantum Teaching di kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari dua siklus, dengan subjek penelitiannya, peneliti sebagai guru dan 30 orang siswa kelas III SDN 14 Jati Tanah Tinggi,. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang meliputi tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh nilai, pada prapenulisan 63,3 dengan kualifikasi cukup, penulisan 46,04 dengan kualifikasi kurang, dan pascapenulisan 57,91 dengan kualifikasi kurang. Nilai rata-rata keseluruhan pada siklus I adalah 55,76 dengan kualifikasi kurang. Sedangkan nilai pembelajaran siklus II, pada prapenulisan 93,75 dengan kualifikasi sangat baik, penulisan 81,25 dengan kualifikasi sangat baik, dan pascapenulisan 86,87 dengan kualifikasi sangat baik. Secara keseluruhan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,37 dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan pendekatan Quantum Teaching meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis, Pendekatan Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:18
Last Modified: 22 Jul 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item
View Item