Kontribusi Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-dasar Elektronika Kelas X Di SMK N 1 Guguak, Kab.Lima Puluh Kota

Rahmadi, Rahmadi (2012) Kontribusi Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-dasar Elektronika Kelas X Di SMK N 1 Guguak, Kab.Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMADI_87637_1160_2012.pdf] Text
final_B1_6_RAHMADI_87637_1160_2012.pdf

Download (600kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum pada mata diklat Dasar-dasar elektronika, KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70,00 dengan rentangan 0 - 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi motivasi belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar mata diklat Dasar-dasar elektronika kelas X di SMK N 1 Guguak, Kab. Lima puluh kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai motivasi belajar dan sarana prasarana, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata diklat Dasar-dasar elektronika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK N 1 Guguak, Kab. Lima puluh kota sebanyak 72 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik acak (Proportional random sampling) dengan menggunakan rumus Taro Yomane adalah diperoleh sampel sebanyak 42 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Motivasi Belajar (X ) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 54,2 % (2) Sarana prasarana (X ) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 48,6 % dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel motivasi belajar (X 1 1 ) dan Sarana prasarana (X ) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 54,5 %. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Sarana prasarana, dan Dasar-dasar elektronika
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:18
Last Modified: 22 Jul 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item
View Item