Tinedi, Vonny (2015) Pengaruh LKS Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VONNY_TINEDI_1101387_1288_2015.pdf [thumbnail of B1_5_VONNY_TINEDI_1101387_1288_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VONNY_TINEDI_1101387_1288_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA terpadu di SMP
Adabiah Padang disebabkan oleh kurang efektifnya bahan ajar yang digunakan
serta masih belum memuat langkah-langkah pembelajaran yang mengasah
kreativitas siswa. Kreativitas siswa dapat diasah menggunakan strategi
pembelajaran PBL yang berbasis masalah serta LKS keterampilan berpikir kreatif
yang di dalamnya sudah memuat langkah-langkah pendekatan saintifik dan berisi
tugas diskusi yang dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa menjadi
terbiasa untuk berpikir dan bertindak secara kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan LKS berbasis
keterampilan berpikir kreatif dalam strategi pembelajaran problem based learning
terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMP Adabiah Kota Padang pada
kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan
rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.
Variabel bebas penelitian ini adalah LKS berbasis keterampilan berpikir kreatif
dan variabel terikat penelitian ini adalah kompetensi pengetahuan dan
keterampilan siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Adabiah Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan teknik mata uang.
Instrumen penelitian berupa soal tes akhir untuk kompetensi pengetahuan, rubrik
penskoran berpikir kreatif, rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan, dan
LKS keterampilan berpikir kreatif. Data primer dianalisis menggunakan uji
kesamaan dua rata-rata dan uji efektivitas pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kompetensi
pengetahuan dan keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan
kelas kontrol, namun setelah dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata
didapatkan hasil bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang
berarti penggunaan LKS berbasis keterampilan berpikir kreatif dalam strategi
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kompetensi siswa kelas VIII
SMP Adabiah Kota Padang” secara kuantitatif belum dapat diterima pada taraf
nyata 0,05. Dengan demikian, penggunaan LKS berbasis keterampilan berpikir
kreatif dalam strategi pembelajaran PBL belum dapat meningkatkan kompetensi
pengetahuan dan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16052 |