Pengaruh Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMAN 5 Padang

Ramadani, Ifrilla (2014) Pengaruh Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_IFRILLA_RAMADANI_05047_5508_2014.pdf] Text
B1_5_IFRILLA_RAMADANI_05047_5508_2014.pdf

Download (824kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran belum sepenuhnya memberi ruang untuk berkembangnya potensi berpikir kritis siswa, sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep fisika yang dipelajari serta sulit memecahkan masalah fisika terutamayang membutuhkan analisa. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk memecahkan masalah ini adalah menggunakan strategi
Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh implemementasiProblem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika kelas XI di SMAN 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif .
Dari hasil penelitian diperoleh keterampilan berpikir kritis siswa pada ranah kognitif, nilai rata-rata kelas eksperimen 74,9 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 69,09. Hipotesis di uji dengan menggunakan uji t dan diperoleh thitung= 1,68 dan ttabel = 2,00, berarti thitungberada di dalam daerah penerimaan Ho, maka Hi ditolak. Kesimpulan penelitian, hipotesis kerja yang bebunyi “terdapat pengaruh yang berarti dari implementasi Problem Based Learning(PBL)terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika kelas XI di SMAN 5 Padang” ditolak pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:13
Last Modified: 22 Jul 2025 03:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item
View Item