Arizaldy, Arizaldy (2018) Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai Karakter Pada Materi Vektor dan Gerak Lurus Terhadap Peningkatan Kompetensi Holistik Siswa Kelas X SMAN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ARIZALDY_14033003_383_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ARIZALDY_14033003_383_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ARIZALDY_14033003_383_2018.pdf
Download (365kB)
Abstract
Pencapaian kompetensi siswa masih bermasalah disebabkan oleh beberapa
faktor, diantaranya, model pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran
ekspositori, bahan ajar yang digunakan belum sesuai kurikulum 2013 yang
menggunakan pendekatan saintifik, dan mengandung nilai-nilai karakter yang
dapat menunjang kompetensi sikap. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk
memberikan solusi yaitu dengan menggunakan bahan ajar elektronik interaktif
dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai karakter yang tujuannya untuk
meningkatkan kompetensi holistik siswa di kelas X SMA N 15 Padang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research)
dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi
penelitian seluruh peserta didik kelas X MIA yang terdaftar pada semester ganjil
tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster
random sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis post-test untuk
kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap serta
lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data berupa
deskripsi dalam bentuk grafik untuk kompetensi sikap, uji kesamaan dua rata-rata
untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan,.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol di semua aspek. Hasil analisis
data kelas sampel terdistribusi normal dan homogen maka digunakan uji t dengan
ttabel = 2,00. Rata –rata kompetensi sikap kelas eksperimen 76,33 dan kelas kontrol
68,86 dengan statistik thitung =3,76, rata-rata kompetensi pengetahuan kelas
eksperimen 72,70 dan kelas kontrol 65,58 dengan statistik thitung = 2,25, rata-rata
kompetensi keterampilan kelas eksperimen 77,62 dan kelas kontrol 67,15 dengan
statistik thitung =6,95. Dari uji t, diperoleh thitung < ttabel sehingga Ho di tolak dan Hi
diterima, Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada
penggunaan bahan ajar elektronik interaktif dengan pendekatan saintifik
bermuatan nilai karakter pada materi vektor dan gerak lurus terhadap peningkatan
kompetensi holistik siswa kelas X SMAN 15 Padang pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elektronik Interaktif Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16050 |