Silvia, Liza (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Liza Silvia_05026.pdf [thumbnail of final_B1_6_Liza Silvia_05026.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Liza Silvia_05026.pdf
Download (774kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang masih didominasi guru sebagai sumber informasi, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus siswa diberi kesempatan untuk dapat berinteraksi, terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan berpikir untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang sedang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus dalam pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh dari tes hasil belajar, pada ranah afektif dan ranah psikomotor diperoleh dari lembar observasi. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan ranah afektif melalui uji t pada taraf nyata 0,05 dan interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 80,158 sedangkan kelas kontrol 72,919. Dengan menggunakan uji t maka di dapatkan harga t hitung > t . Pada ranah psikomotor, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 74,368 sedangkan kelas kontrol nilai rata–rata 66,605. Dengan menggunakan uji t maka di dapatkan harga t tabel hitung > t yang berarti harga t berada di luar daerah H o sehingga H diterima. Maka hipotesis kerja berbunyi ”Terdapat pengaruh yang berarti penerapan strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Nan Sabaris”. Kemudian pada ranah afektif, kelas yang diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus memiliki sikap yang lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak diterapkan strategi tersebut Dengan demikian strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar fisika, Pembelajaran kooperatif tipe STAD |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16049 |