Sari, Lisya Yulia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SD Negeri 11 Kampung Tarandam Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LISYA YULIA SARI_04286_4230_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_LISYA YULIA SARI_04286_4230_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LISYA YULIA SARI_04286_4230_2012.pdf
Download (290kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 11 Kampung Tarandam, guru kelas IV dalam mengajarkan pencerminan bangun datar tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga hasil pembelajaran pencerminan bangun datar masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran pencerminan bangun datar dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tahap-tahap PMRI, yaitu: (1) pendahuluan, (2) pengembangan model simbolik, (3) penjelasan dan alasan, dan (4) penutup. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pencerminan bangun datar dengan pendekatan PMRI pada pembelajaran pencerminan bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan, 4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 31 orang. Hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan I 67,86%, pada pertemuan II 85,71%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96,42%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I 71,42%, pada pertemuan II 78,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42%. Pada aspek siswa siklus I pertemuan I 64,28%, pertemuan II 75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,85%. Ratarata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I 63,94, pertemuan II 75,35, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,84. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pencerminan bangun datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil belajar, Pembelajaran kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16044 |