Misi, Listri (2015) Penggunaan Teknik Everyone is a Teacher Here pada Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 16 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LISTRI_MISI_1101150_2447_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_LISTRI_MISI_1101150_2447_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LISTRI_MISI_1101150_2447_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan teknik Everyone is a Teacher Here pada pelajaran Seni musik siswa kelas VIII B di SMP Negeri 16 Kerinci ?” sehingga tujuan penelitiannya menjadi menjelaskan cara penggunaan teknik Everyone is a Teacher Here pada pelajaran Seni musik siswa kelas VIII B di SMP Negeri 16 Kerinci Kajian teori yang digunakan dalam penelitian adalah tentang pengertian teknik, teknik Everyone is a Teacher Here, pengertian belajar, pengertian pembelajaran, dan strategi pembelajaran. Kemudian jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitiannya adalah penggunaan teknik Everyone is a Teacher Here pada pelajaran Seni musik di kelas VIII B SMP Negeri 16 Kerinci dengan subjek penelitian guru Seni musik dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 16 Kerinci, pada semester 1 dengan materi pelajaran Lagu nusantara Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Everyone is a Teacher Here ini merupakan salah satu teknik yang bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar serta membangkitkan partisipasi kelas secara keseluruhan yakni menuntut peserta didik lebih aktif dengan memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk bertindak sebagai pengajar bagi siswa lain karena dalam proses belajar dan pembelajaran tidak harus semuanya mutlak berasal dari guru, tetapi siswa juga harus aktif dalam pembelajaran yakni dengan menjelaskan kembali materi yang di ajarkan dalam bentuk permainan kartu indeks dimana setiap kartu berisi pertanyaan maupun topik yang di ajukan kepada siswa. Dari hasil temuan penelitian dengan eksperimen, observasi, dokumentasi, dan wawancara, maka teknik Everyone is a Teacher Here terbukti mampu membangkitkan suasana kelas sehingga bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, walaupun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik pembelajaran, Partisipasi siswa, Pembelajaran Seni Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:09 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16035 |