Malinda, Lista (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournamens (TGT) di Kelas IV SDN 23 Talago Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LISTA_MALINDA_07581_2693_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_LISTA_MALINDA_07581_2693_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LISTA_MALINDA_07581_2693_2013.pdf
Download (608kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pembelajaran PKn dikelas IV SD masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 23 Talago Lubuk sikaping. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tekhnik observasi dan tes. Pembelajaran model kooperatif tipe TGT ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas atau observer. Hasil penelitian ini terlihat adanya peningkatan RPP, peningkatan aktifitas guru, peningkatan aktifitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hasil rata-rata persentase observasi pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 71% dan 85%,siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 92% dan 96%. Pada aktifitas guru siklus I pertemuan 1 dan 2 rata-rata persentasenya adalah 74% dan 83%, siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 91% dan 97%. Pada aktifitas siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 rata-rata persentasenya adalah 62% dan 80%, siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 87% dan 97%. Sedangkan pada hasil belajar siklus I pertemuan 1 dan 2 persentasenya adalah 63 dan 67, siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 76 dan 83. Dengan demikian penggunaan model koopertatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran PKn
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament (TGT), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16029 |