Penggunaan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 17 Alang Sungkai Kecamatan Linggo sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.

Juitra, Lisma (2013) Penggunaan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 17 Alang Sungkai Kecamatan Linggo sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LISMA_JUITRA_57214_2280_2014.pdf] Text
final_B1_6_LISMA_JUITRA_57214_2280_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 17 Alang Sungkai, ini disebabkan karena guru masih menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran. Akibatnya hasil belajar tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan di sekolah. Untuk mengatasinya dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan CTL. Pendekatan CTL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mempasilitasi siswa untuk mencari, mengolah, menemukan pengalaman yang lebih kongkrit.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 17 Alang Sungkai. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua satu kali pertemuan. subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD yang berjumlah 32 orang. 20 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : (a) RPP dari nilai rata-rata 80,36% kriteria baik (B) pada siklus I, meningkat nilai rata-ratanya menjadi 96,43% criteria sangat baik (SB) pada siklus II, (b) pelaksanaan pembelajaran, aktifitas guru dari nilai rata-rata 78,13% criteria cukup (C) pada siklus I, meningkat nilai rata-ratanya menjadi 87,50% criteria baik (B) pada siklus II, (c) pelaksanaan pembelajaran, aktifitas siswa nilai rata-rata dari 76,56% kriteria cukup (C) pada siklus I, meningkat nilai rata-ratanya menjadi 87,50% kriteria baik (B) pada siklus II, (d) hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,41 kritera cukup(C) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85,28 kriteria baik (B). Dengan demikian, penggunaan pendekatan CTL meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di KLS V SDN 17 Alang Sungkai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:53
Last Modified: 22 Jul 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item
View Item