Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 200503 Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan

Warni, Lisa (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 200503 Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LISA_WARNI_07607_1225_2013.pdf] Text
final_B1_6_LISA_WARNI_07607_1225_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru kelas V dalam pembelajaran IPS adalah kesulitan dalam menanamkan konsep pelajaran karena model pembelajaran kurang bervariasi sehingga siswa tidak berminat dalam belajar. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan PTK. PTK bertujuan memperbaiki proses pembelajaran, akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS salah satu model pembelajaran yang efektif dan efesien untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di kelas V SDN 200503 Pijorkoling Kec. Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, instrumen penelitian berupa tes, lembaran observasi dan lembaran catatan lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian dilihat dari perencanaan pembelajaran siklus I 64%, 75% dan siklus II 86%. Pelaksanaan guru siklus I 67%, 75% dan siklus II 86%. Pelaksanaan siswa siklus I 64%,77% dan siklus II 88%. Hasil belajar 22 orang siswa pada siklus I 70 dan 74, siklus II 86 dimana terjadi peningkatan yang baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 200503 Pijorkoling Kec. Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Pembelajaran IPS, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:52
Last Modified: 22 Jul 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item
View Item