Rohni, Syamsi (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAMSI_ROHNI_1105669_5671_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAMSI_ROHNI_1105669_5671_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAMSI_ROHNI_1105669_5671_2015.pdf
Download (554kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terlihatnya karakteristik pembelajaran tematik terpadu. Guru kurang membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan Saintifik pada siswa kelas 1 SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang.karakteristik pembelajaran tematik terpadu.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 31 Teluk Bayur yang berjumlah sebanyak 32 orang. Penelitian dilaksanakan II siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pembelajaran pada siklus 1 rata-rata 65,28% dengan kualifikasi (C+), siklus II rata-rata 86,11 dengan kualifikasi (SB), b) penilaian aspek guru siklus 1 rata-rata 72,50% dengan kualifikasi (B), siklus II rata-rata 92,86% dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek siswa siklus 1 rata-rata 76,78% dengan kualifikasi (B+), siklus II rata-rata 96,43% dengan kualifikasi (SB), c) penilaian hasil siklus 1 rata-rata 63,71 dengan kualifikasi (C+), siklus II rata-rata 74,57 dengan kualifikasi (B). Dengan demikian, pendekatan Saintifik dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas 1 SD Negeri 31 Teluk Bayur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16010 |