Putri, Widya Mustika (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIDYA_MUSTIKA_PUTRI_15065008_5167_2019.pdf [thumbnail of B1_5_WIDYA_MUSTIKA_PUTRI_15065008_5167_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIDYA_MUSTIKA_PUTRI_15065008_5167_2019.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa kelas X teknik audio video SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimental design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X TAV3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diambil dari nilai hasil
post-test pada kelas eksperimen dan kontrol, kemudian dianalisis untuk tes normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,43, sementara kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,84. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf yang signifikan α=0,05 mendapat >
yaitu 5,04 > 1.670, berarti hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X teknik audio video SMKN 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16007 |