Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang

Putri, Widya Mustika (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIDYA_MUSTIKA_PUTRI_15065008_5167_2019.pdf] Text
B1_5_WIDYA_MUSTIKA_PUTRI_15065008_5167_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa kelas X teknik audio video SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimental design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X TAV3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diambil dari nilai hasil
post-test pada kelas eksperimen dan kontrol, kemudian dianalisis untuk tes normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,43, sementara kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,84. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf yang signifikan α=0,05 mendapat >
yaitu 5,04 > 1.670, berarti hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X teknik audio video SMKN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:05
Last Modified: 22 Jul 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item
View Item