Hamida, Syamsi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pkn dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas V SDN 08 Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab Pesisir Selatan. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAMSI_HAMIDA_56762_6181_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAMSI_HAMIDA_56762_6181_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAMSI_HAMIDA_56762_6181_2015.pdf
Download (453kB)
Abstract
Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) didapatkan banyak masalah diantaranya: Guru kurang memanfaatkan pengalaman dan Guru jarang mengaitkan pembelajaran dengan hal-hal yang nyata di sekitar siswa, 2) guru kurang bisa membangkitkan keaktifan siswa, 3) guru kurang bisa membangkitkan partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 08 koto Berapak.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan 4 tahap tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 08 Koto Berapak, kec. Bayang, Kab. Pesisir selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian berupa test hasil belajar, lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dapat dilihat pada. a) rata-rata nilai afektif siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 64% dan berada pada kriteria baik, meningkat pada pertemuan 2 siklus 1 yaitu 69% dengan kriteria baik. Selanjutnya nilai tersebut meningkat lagi pada siklus 2 yaitu 70% dengan kriteria baik. b) rata-rata nilai psikomotor siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 63% berada pada kriteria baik, meningkat pada pertemuan 2 siklus 1 yaitu 71% dengan kriteria baik. Selanjutnya nilai tersebut meningkat lagi pada siklus 2 yaitu 79% dengan kriteria baik. c) rata-rata skor kognitif siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 59% dan 8 siswa yang mencapai ketuntasan minimum, lalu meningkat pada pertemuan 2 siklus 1 yaitu 67% dan 16 siswa yang mencapai ketuntasan minimum. Selanjutnya nilai tersebut meningkat lagi pada siklus 2 yaitu 80% dan 21 orang siswa yang mendapatkn kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Pkn, Pendekatan Konstruktivis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15997 |