Oktavia, Vivi (2019) Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Praktikum Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VIVI_OKTAVIA_15065053_2325_2019.pdf [thumbnail of B1_5_VIVI_OKTAVIA_15065053_2325_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VIVI_OKTAVIA_15065053_2325_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jobsheet
terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kerja bengkel dan gambar teknik
kelas X TAV di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Masalah yang melatar belakangi
penelitian pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik ini adalah siswa masih
kesulitan dalam melaksanakan pratikum karna kurang memahami prosedur
penggunaan alat dan cara kerja pratikum dan belum bisa melaksanakan proses
belajar secara mandiri. Karna masih menggunakan jobsheet berupa gambar kerja.
Dimana penggunaan jobsheet dalam kegiatan praktikum sangat mendukung
proses pembelajaran bagi peserta didik karena jobsheet merupakan panduan
untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu. Serta dengan menggunakan
jobsheet guru hanya bertugas mengawasi maupun memberi bantuan ketika
peserta didik merasa kesulitan. Penggunaan jobsheet yang hanya berupa gambar
kerja kurang tepat. Permasalahan ini membuat nilai yang dicapai siswa sebagian
besar masih dibawah KKM sehingga perlu menggunakan jobsheet dalam pratikum
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Untuk itu penulis mencoba penggunaan
jobsheet ini pada mata diklat kerja bengkel dan gambar teknik.Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen semu (quasi ekperiment). Subjek dari penelitian ini
adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada
tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 34 orang siswa. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan hasil posttest berupa soal objektif sebanyak 30
item yang sudah di uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soal.
Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,94 dan nilai
rata-rata kelas kontrol 75,26. Dengan analisis uji t diperoleh t
sebesar = 6,131
yaitu lebih kecil dari t
tabel
hitung
= 2,037 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan jobsheet memberi pengaruh yang
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat kerja bengkel
dan gamabr teknik kelas X TAV di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JOBSHEET, KERJA BENGKEL dan GAMBAR TEKNIK, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15996 |