Astuti, Widya (2015) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Penalaran Moral Siswa di sekolah: Studi Eksperimen terhadap Siswa/i Kelas XI Perhotelan 1 SMKN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIDYA_ASTUTI_1100494_4343_2015.pdf [thumbnail of B1_5_WIDYA_ASTUTI_1100494_4343_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIDYA_ASTUTI_1100494_4343_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Sebagian siswa belum mampu memahami penalaran moral dengan baik. Apabila penalaran moral belum bisa dipahami dengan baik, tentunya siswa tidak akan dapat berkembang seoptimal mungkin dan rasa saling menghargai tidak ada satu sama lainnya. Seharusnya siswa mampu untuk melihat mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya, namun kebanyakan siswa belum mampu memikirkan atau menimbang suatu keputusan sesuai baik atau salah. Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang dapat digunakan untuk membuat siswa mampu berfikir dan menerapkan tingah laku yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan penalaran moral siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian termasuk penelitian dengan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitiannya siswa kelas XI jurusan Perhotelan I sebagai kelompok eksperimen
dan sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket). Data tentang penalaran moral siswa di sekolah dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed
Ranks test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independet Sampel dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Temuan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan penalaran moral siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan
bimbingan kelompok pada kelompok eksperimen, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan penalaran moral siswa pada kelompok kontrol, (3)terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan penalaran moral siswa pada
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas,dapat disimpulkan bahwa penalaran moral siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, Oleh karena itu guru BK disarankan dapat mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan
kelompok untuk membantu meningkatkan penalaran moral siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15995 |