Sari, Vivi Lidia (2012) Peran Guru Mata Pelajaran dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Di SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VIVI_LIDIA_SARI_88012_2721_2012.pdf [thumbnail of B1_5_VIVI_LIDIA_SARI_88012_2721_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VIVI_LIDIA_SARI_88012_2721_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Layanan bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari
keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Guru mata pelajaran merupakan
personil sekolah yang memiliki kesempatan untuk bertatap muka lebih banyak
dengan siswa di bandingkan dengan personil sekolah lainnya. Terlaksananya
layanan bimbingan dan konseling yang optimal perlu adanya peran guru mata
pelajaran dalam pelaksanaan layanan BK. Kenyataan dilapangan masih adanya
guru mata pelajaran yang belum melaksanakan perannya dalam kegiatan layanan
bimbingan dan konseling sebagaimana yang diharapkan, diantaranya dalam
membantu memasyarakatkan BK, mengidentifikasi siswa yang memerlukan
layanan BK serta membantu mengumpulkan data siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran guru mata pelajaran
dalam (1) membantu memasyarakatkan BK (2) membantu mengidentifikasi siswa
yang memerlukan layanan BK (3) membantu mengembangkan suasana kelas,
hubungan guru dengan siswa,hubungan sesama siswa yang dapat menunjang
pelaksanaan layanan BK (4) membantu memberi kesempatan dan kemudahan
bagi siswa yang memerlukan pelayanan BK.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang menjadi subjek
penelitian adalah guru mata pelajaran SMA Negeri 3 Pariaman yang berjumlah
55. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh,
dianalisis dengan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa peran guru mata pelajaran
dalam pelaksanaan layanan BK terutama di dalam : (1) membantu
memasyarakatkan BK (36,24%) guru mata pelajaran telah menunjukkan perannya
dengan baik (2) mengidentifikasi siswa yang memerlukan pelayanan BK
(50,71%) guru mata pelajaran telah menunjukkan perannya dengan baik (3)
mengembangkan suasana kelas, hubungan guru dengan siswa, hubungan sesama
siswa yang menunjang pelaksanaan layanan BK (59,63%) guru mata pelajaran
telah menunjukkan perannya dengan baik (4) memberi kesempatan dan
kemudahan bagi siswa yang memerlukan pelayan BK (50,61%), guru mata
pelajaran telah manunjukkan perannya dengan baik , dari hasil penelitian
terungkap bahwa peran guru mata pelajaran sudah mulai terlaksana dengan baik.
Berdasarkan temuan ini disarankan bagi guru mata pelajaran yang sudah
menunjukkan perannya agar dapat mempertahankan perannya dengan baik dan
bagi yang belum agar lebih meningkatkan perannya dalam pelaksanaan layanan
BK di sekolah. Bagi koordinator BK agar lebih memotivasi guru mata pelajaran
untuk berperan aktif dalam kegiatan layanan BK sesuai dengan perannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15986 |