Sikap Siswa terhadap Kunci Jawaban yang Beredar Sewaktu Ujian

Rahmawati, Widia (2015) Sikap Siswa terhadap Kunci Jawaban yang Beredar Sewaktu Ujian. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIDIA_RAHMAWATI_1105577_4336_2015.pdf] Text
B1_5_WIDIA_RAHMAWATI_1105577_4336_2015.pdf

Download (278kB)

Abstract

Dewasa ini, masih ditemukan pelaksanaan ujian yang tidak relevan dengan pendidikan karakter. Informasi yang diperoleh sewaktu ujian menunjukkan bahwa kunci jawaban beredar di kalangan siswa. Terlepas dari pendapat apakah kunci
jawaban yang beredar dapat dipercaya atau tidak, diharapkan siswa dapat menyikapi kondisi ini secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sikap siswa terhadap kunci jawaban yang beredar sewaktu ujian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII MTsN Model Padang tahun Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi sebanyak 507 siswa. Jumlah sampel
yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak 104 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket tertutup model Likert dengan jumlah item 45 dan data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: 1) sikap siswa terhadap kunci jawaban yang beredar sebelum ujian, baik dari segi aspek kognitif, aspek afektif, maupun aspek konatif berada pada kategori positif, 2) sikap siswa terhadap kunci jawaban yang beredar sedang ujian, dari segi aspek kognitif berada pada kategori sangat positif, dari segi aspek afektif berada pada kategori positif dan aspek
konatif berada pada kategori cukup positif dan 3) sikap siswa terhadap kunci jawaban setelah ujian, dari segi aspek kognitif dan afektif berada pada kategori sangat positif sedangkan aspek konatif berada pada kategori cukup positif.
Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada Guru Bimbingan dan Konseling, melalui pemberian Layanan Informasi, Layanan Penguasaan Konten dan Layanan Bimbingan Kelompok kepada seluruh siswa agar dapat menumbuhkan sikap positif yang terhadap kunci jawaban yang beredar sewaktu
ujian dan kepada pihak sekolah, hendaknya membantu siswa agar mempertahankan sikap positif yang telah mereka miliki.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:33
Last Modified: 22 Jul 2025 01:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item
View Item