Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Bagi Siswa Kelas V SDN 17 Ganting Kabupaten Agam

Syahmual, Yossy (2016) Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Bagi Siswa Kelas V SDN 17 Ganting Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSSY_SYAHMUAL_93588_3225_2016.pdf] Text
final_B1_6_YOSSY_SYAHMUAL_93588_3225_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

PeneLitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas V SDN 17 Ganting. Hal ini terjadi karena guru lebih mengutamakan metode ceramah dan tanya jawab serta belum menemui sendiri makna dari apa yang mereka pelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. penelitian ini meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dimulai dari membuat perencanaan sampai pembuatan laporan. Hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan rata-rata-rata persentase yaitu 73,2% dengan kriteria kurang. Pada siklus II rata-rata persentasenya 91,05% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru siklus I dengan ratarata persentase 76,7% kriteria cukup, pada siklus II rata-rata 94,6% kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas siswa pada siklus I rata-rata 67,85% dengan kriteria kurang, pada siklus II 89,25% kriteria baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,9% dengan kriteria kurang. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 93,6% dengan kriteria sangat baik. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 17 Ganting Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:32
Last Modified: 22 Jul 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item
View Item