Peningkatan Hasil Belajar Pecahan menggunakan Pendekatan PMR pada Kelas IV SDN 21 Pakan Sinayan

Erta, Yossi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan menggunakan Pendekatan PMR pada Kelas IV SDN 21 Pakan Sinayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSSI_ERTA_15129160_5891_2019.pdf] Text
final_B1_6_YOSSI_ERTA_15129160_5891_2019.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya variasi guru dalam penggunaan pendekatan dan metode pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pecahan mengunakan pendekatan PMR pada kelas IV SDN 21 Pakan Sinayan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan instrument penelitian berupa lembar observasi untuk mengamati peningkatan RPP, tindakan aspek guru dan siswa serta data hasil belajar pecahan dikumpulkan dengan metode tes dalam bentuk uraian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 21 Pakan Sinayan yang berjumlah 20 orang dengan 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan perincian pada siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Data diperoleh melalui hasil pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh, terjadi peningkatan rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 80% meningkat pada siklus II menjadi 92%, hal ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan aspek guru pada siklus I; 79 % meningkat pada siklus II menjadi 93%. Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I; 73 % meningkat pada siklus II menjadi 90%, Sedangkan rata-rata penilaian hasil belajar siswa pada siklus I; 74 meningkat pada siklus II menjadi 88. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas IV SDN 21 Pakan Sinayan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pecahan, dan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:13
Last Modified: 22 Jul 2025 01:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item
View Item