Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang

Arisanti, Yossa (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSSA_ARISANTI_07629_630_2012.pdf] Text
final_B1_6_YOSSA_ARISANTI_07629_630_2012.pdf

Download (792kB)

Abstract

Pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga di kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga melalui pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga melalui pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV SD Negeri 32 Banuaran Kec. Lubuk Begalung Kota Padang yang berjumlah sebanyak 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil belajar luas jajargenjang dan segitiga yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan pendekatan CTL pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I terdiri dari : kognitif 73, afektif 71, dan psikomotor 75 dengan rata-rata 73. Sedangkan hasil belajar siklus II kognitif 87, afektif 82, dan psikomotor 85 dengan rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran luas jajargenjang dan segitiga melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Luas Bangun Datar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:55
Last Modified: 22 Jul 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item
View Item