Zulvyanti, Rahma (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 1 Kampung Baru Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMA_ZULVYANTI_17129249_1874_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMA_ZULVYANTI_17129249_1874_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMA_ZULVYANTI_17129249_1874_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang
ditemukan di lapangan yaitu guru tidak mengembangkan RPP yang terdapat
pada buku guru, pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini
mengakibatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu belum maksimal. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan
menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas IV
SD Negeri 17 Kampung Baru Kota Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan
pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur
penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret dan April bertetapan
pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru
dan peserta didik Kelas IV SD Negeri 17 Kampung Baru Kota Pariaman
dimana tercatat peserta didik sebanyak 24 orang, 9 orang peserta didik lakilaki
dan 15 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian adalah
lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan
aspek guru dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini
dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I
memperoleh nilai rata-rata 80.50% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat
pada siklus II menjadi 95.83% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b)
Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata
78,13 % dengan kualifikasi cukup (C) , meningkat pada siklus II aspek guru
memperoleh nilai 93,75 %, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek
peserta didik memperoleh nilai 78,13 % dengan kualifikasi cukup (C),
meningkat siklus II aspek peserta didik memperoleh nilai 93,75 % dengan
kualifikasi sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa dengan model
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD
Negeri 17 Kampung Baru Kota Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning, Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 00:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15967 |