Syahril, Syahril. (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SD Negeri 41 Sungai Limau. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAHRIL_1110668_5656_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAHRIL_1110668_5656_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAHRIL_1110668_5656_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru lebih banyak mengarahkan siswa untuk menghafal tanpa mengkaitkan teori dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa menjadi bosan, konsentrasi berkurang dan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, peneliti melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di kelas IV SD Negeri 41 Sungai Limau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 41 Sungai Limau. Data penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian dengan menggunakan tes dan observasi.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan. Berikut adalah peningkatan nilai ratarata hasil penelitian: (1) RPP siklus I 76,5% (B) meningkat menjadi 87,5% (SB) pada siklus II; (2) aktivitas guru pada siklus I 59% (K) meningkat menjadi 85,5% (SB) pada siklus II; (3) aktivitas siswa pada siklus I 64,5% (C) meningkat menjadi 88,5% (SB) pada siklus II; dan (4) hasil belajar siswa: (a) aspek kognitif pada siklus I 65 (C) meningkat menjadi 73 (C) pada siklus II, (b) aspek afektif pada siklus I 81 (B) meningkat menjadi 86 (B) pada siklus II, dan (c) aspek keterampilan pada siklus I 78 (B) meningkat menjadi 91 (SB) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 41 Sungai Limau.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Siswa Kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 00:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15963 |