Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 15 Lubuk Alung

Lius, Riza Amelia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 15 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZA_AMELIA_LIUS_96309_1164_2014.pdf] Text
final_B1_6_RIZA_AMELIA_LIUS_96309_1164_2014.pdf

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda siswa tidak diaktifkan terlebih dahulu pengetahuan awalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan Konstruktivis yang meliputi perencanaan (RPP), pelaksanaan dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 15 Lubuk Alung yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil perencanaan siklus I rata-rata 78,57%, sedangkan siklus II rata-rata 92,85%. Pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan Konstruktivis telah terlaksana dengan baik. Terlihat pada pengamatan terhadap guru siklus I dengan rata-rata 72,5% dan siswa dengan rata-rata 72,5%. Pada siklus II penilaian terhadap guru meningkat dengan rata-rata 90% dan penilaian terhadap siswa dengan rata-rata 90%. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pembelajaran siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 74 dengan persentase ketuntasan 63,6%. Untuk siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 83,23 dengan persentase ketuntasan 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan pendekatan Konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: enjumlahan Pecahan Berpenyebut, Pendekatan Konstruktivis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:54
Last Modified: 22 Jul 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15962

Actions (login required)

View Item
View Item