Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 25 Kinali Pasaman Barat

Sartika, Riza (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 25 Kinali Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZA SARTIKA_58347_6777_2012.pdf] Text
final_B1_6_RIZA SARTIKA_58347_6777_2012.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya materi sifat-sifat bangun datar dan rendah hasil belajar di kelas V SD Negeri 25 Kinali Pasaman Barat. Pembelajaran sifat-sifat bangun datar kurang bermakna bagi siswa karena guru kurang bisa mengaitkan materi pembelajaran dengan kenyataan yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu Pendekatan Pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengaitkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa adalah Pendekatan CTL. Berawal dari hal ini peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembalajaran sifat-sifat bangun datar melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini di laksanakan dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 25 Kinali Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil analisis nilai dalam penelitian tindakan kelas diperoleh kesimpulan pada akhir siklus I keberhasilan RPP 71,4%, keberhasilan pelaksanaaan aktifitas guru 71,4%, keberhasilan aktifitas siswa 64,3% dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor 69. Sedangkan siklus II keberhasilan RPP 92,8%, keberhasilan pelaksanaan aktifitas guru 92,8%, keberhasilan aktifitas siswa 89,3% dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor 81,8. Hal ini membuktikan dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun datar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sifat-sifat Bangun Datar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:58
Last Modified: 21 Jul 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item
View Item