Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SDN 2 Kamang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung

Yunita, Rahma (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SDN 2 Kamang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMA_YUNITA_09947_1472_2016.pdf] Text
final_B1_6_RAHMA_YUNITA_09947_1472_2016.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran IPA yang selama ini belum
membuat siswa aktif, kreatif, berfikir kritis dan dapat memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari sebagaimana tujuan pembelajaran IPA sendiri dan
pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membosankan bagi siswa.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk
pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPA dengan pemanfaatan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research)
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa
informasi tentang proses dan data hasil pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari
hasil pengamatan, tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan
pembelajaran IPA dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2)
pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan lingkungan
dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Dari segi perencanaan pada siklus 171,45%
sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,7%. Pada pelaksanaan
pembelajaran padasiklus 1dariaspek guru 71,85% dan dari aspek siswa 68,75%.
Pada siklus 2 terjadi peningkatanya itu dari aspek guru 85,95% dan dari aspek
siswa 87,5%. Dari hasil belajar siswa, pada siklus 1 di peroleh nilai rata-rata siswa
60,63denganpersentasesiswa yang tuntas 43,75%. Padasiklus 2 terjadi
peningkatan hasil belajar yaitu diperoleh nilai rata-rata 88,13 dengan persentase
siswa yang tuntas 93,75%. Kesimpulan daripenelitian ini adalah dengan
pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil
belajar IPA siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar,Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:58
Last Modified: 21 Jul 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item
View Item