Pengembangan Modul Mobile learning Menggunakan ATutor pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 9 Padang Berorientasi Literasi Skill Revolusi Industri 4.0

Yetri, Widia Mai (2021) Pengembangan Modul Mobile learning Menggunakan ATutor pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 9 Padang Berorientasi Literasi Skill Revolusi Industri 4.0. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIDIA_MAI_YETRI_16033067_1809_2021.pdf] Text
B1_5_WIDIA_MAI_YETRI_16033067_1809_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini Indonesia telah memasuki revolusi industri 4.0 sehingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian penting dalam berbagai lini pekerjaan dan aktivitas masyarakat sehari-hari. Dalam menghadapi
revolusi industri 4.0 sistem pendidikan, kurikulum, dan metode pembelajaran harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan sains. Namun sistem pendidikan di Indonesia yang ada saat ini belum optimal dalam
menyiapkan lulusan yang mampu selaras dengan pekembangan revolusi industri 4.0 yaitu yang memiliki kemampuan literasi. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangan modul mobile learning
menggunakan atutor yang berorientasi literasi skill revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik modul fisika dan validitas modul fisika yang berorientasi literasi skill revolusi industri 4.0.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan pengembangan Sugiyono. Langkah penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan adalah dari pengumpulan potensi dan masalah, kemudian
pengumpulan data dan informasi yang ada di SMA Negeri 9 Padang, mendesain produk, dan melakukan validasi dengan dosen fisika FMIPA UNP. Instrument
yang digunakan adalah lembar wawancara dan observasi pada tahap pengumpulan potensi dan masalah, kemudian lembar instrument uji validitas. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan validitas produk. Setelah dilakukan tahap validasi dan revisi produk, didapatkan dua hasil penelitian. Pertama, karakteristik kevalidan produk dalam hal substansi materi,desain pembelajaran, tampilan (komunikasi visual), dan pemanfaatan software. Kedua, modul mobile learning menggunakan atutor yang berorientasi literasi skill
revolusi industri 4.0 memiliki kevalidan sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:57
Last Modified: 21 Jul 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15952

Actions (login required)

View Item
View Item