Resta, Ichy Lucya (2013) Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Jenis Video terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri pada Materi Gelombang Terintegrasi Bencana Tsunami di Kelas XII SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ICHY_LUCYA_RESTA_12744_963_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ICHY_LUCYA_RESTA_12744_963_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ICHY_LUCYA_RESTA_12744_963_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Kota Padang berada di daerah yang berpotensi mengalami bencana tsunami. Mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat diintegrasikan dengan bencana tsunami khususnya pada materi gelombang. Untuk mempelajari materi ini diperlukan pengalaman langsung tentang gejala gelombang. Namun, karena adanya keterbatasan dalam mempelajari materi gejala gelombang dengan pengalaman langsung, diperlukan pendekatan pembelajaran agar siswa tetap mendapatkan pengalaman langsung untuk mempelajari materi tersebut. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah pendekatan Pictorial Riddle jenis video dalam pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pictorial Riddle jenis video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran inkuiri pada materi gelombang terintegrasi bencana tsunami. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XII di SMA N 3 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2012/2013. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Instrumen penelitian adalah tes tertulis untuk hasil belajar pada ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar pada ranah afektif. Teknik analisis data adalah menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian yang didapat adalah nilai rata-rata siswa pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen adalah 87,10 dan kelas kontrol adalah 82,50. Uji hipotesis nilai rata-rata pada ranah kognitif menghasilkan thitung adalah 1,75 dan ttabel adalah 1,66 dimana thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk adalah 61. Selanjutnya nilai rata-rata siswa pada ranah afektif untuk kelas eksperimen adalah 82,65 dan kelas kontrol adalah 78,09. Uji hipotesis nilai rata-rata pada ranah afektif menghasilkan thitung adalah 2,46 dan ttabel adalah 1,66 dimana thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk adalah 61. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pendekatan Pictorial Riddle jenis video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran inkuiri pada materi gelombang terintegrasi bencana tsunami di kelas XII SMA N 3 Padang dapat diterima pada taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE JENIS VIDEO |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15950 |