Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang

Nenni, Syahri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SYAHRI_NENI_57041_2075_2013.pdf] Text
final_B1_6_SYAHRI_NENI_57041_2075_2013.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang. Untuk mengatasi hal ini dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme menekankan untuk membangun pengetahuan pada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme.
Jenis Penellitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek peneliti adalah sisiwa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Peneliti sebagai guru dan satu orang obsever.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran rata-rata siklus I 79%, siklus II 93%, b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru rata-rata siklus I 76%, siklus II 87% sedangkan pada aspek siswa rata-rata siklus I 77%, siklus II 87%. c) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, siklus I ratarata yang diperoleh siswa 71,2 dan meningkat pada siklus II 85,8. pada aspek afektif siklus I 64% meningkat pada siklus II menjadi 75% sedangkan pada psikomotor siklus I 64% meningkat pada sikluls II menjadi 75%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan konstukstivisme dapat meningkat hasil belajar IPA pada kelas IV SDN 10 Ganting, Kec. Koto Tangah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa,Pembelajaran IPA, Pendekatan Konstruktivisme, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:55
Last Modified: 21 Jul 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15940

Actions (login required)

View Item
View Item