Khairatunnisa, Khairatunnisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_KHAIRATUNNISA_16016106_1692_2020.pdf [thumbnail of B1_01_KHAIRATUNNISA_16016106_1692_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_KHAIRATUNNISA_16016106_1692_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang menggunakan
model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Kedua, mendeskripsikan
keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah randomized two group design
posttest only. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IX Muhammadiyah
1 Padang tahun 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1
menggunakanan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas
IX.2 menggunakan model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Data
penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis teks diskusi menggunakan
model ceramah dan nilai dari hasil tes keterampilan menulis teks diskusi
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX
SMP Muhammadiyah 1 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus
rata-rata hitung, dan uji t. Instrumen penelitian ini adalah teks unjuk kerja.
Hasil penelitin ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan
menulis teks diskusi siswa kelas IX.2 SMP Muhammadiyah 1 Padang
menggunakan model konvensional/metode ceramah berada pada kualifikasi
hampir cukup (HC) dengan rata-rata 49,11. Kedua, keterampilan menulis teks
diskusi menggunakan model kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX.1
berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 83,37. Ketiga, berdasarkan
uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan
model kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis teks diskusi
siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang karena ttabel < thitung (1.70 <
43.4679).
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis
teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang dengan menggunakan
model kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan menggunakan
model konvensional/metode ceramah. Perbedaan itu terlihat signifikansi
bersasarkan uji-t, yaitu thitung > ttabel (43,368 >1,70). Dengan kata lain,
pembelajaran model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap
keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:51 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1594 |