Khairatunnisa, Khairatunnisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_KHAIRATUNNISA_16016106_1692_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan 
menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang menggunakan 
model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Kedua, mendeskripsikan 
keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang 
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). 
Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair 
Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa  kelas IX SMP 
Muhammadiyah 1 Padang. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode 
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah randomized two group design 
posttest only. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IX Muhammadiyah 
1 Padang tahun 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 
menggunakanan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas 
IX.2 menggunakan model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Data 
penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis teks diskusi menggunakan 
model ceramah dan nilai dari hasil tes keterampilan menulis teks diskusi 
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX 
SMP Muhammadiyah 1 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus 
rata-rata hitung, dan uji t. Instrumen penelitian ini adalah teks unjuk kerja. 
Hasil penelitin ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan 
menulis teks diskusi siswa kelas IX.2 SMP Muhammadiyah 1 Padang 
menggunakan model konvensional/metode ceramah berada pada kualifikasi 
hampir cukup (HC) dengan rata-rata 49,11. Kedua, keterampilan menulis teks 
diskusi menggunakan model kooperatif tipe think pair share  siswa kelas IX.1 
berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 83,37. Ketiga, berdasarkan 
uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan 
model kooperatif tipe think pair share  terhadap keterampilan menulis teks diskusi 
siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang karena ttabel < thitung (1.70 < 
43.4679). 
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis 
teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang dengan menggunakan 
model kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan menggunakan 
model konvensional/metode ceramah. Perbedaan itu terlihat signifikansi 
bersasarkan uji-t, yaitu thitung > ttabel (43,368 >1,70). Dengan kata lain, 
pembelajaran model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap 
keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:51 | 
| Last Modified: | 13 Feb 2025 02:51 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1594 | 
         