Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Praktek Pengelasan Mata Diklat Las Busur Program Studi Teknik Las Kelas X di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Andra, Rony (2013) Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Praktek Pengelasan Mata Diklat Las Busur Program Studi Teknik Las Kelas X di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Univeritas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_RONI_ ANDRA_97699_5260_2013.pdf] Text
final_B1_07_RONI_ ANDRA_97699_5260_2013.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemukan di sekolah selama PPLK. Proses pembelajaran pada mata diklat las busur masih didominasi oleh guru. Untuk menguasai materi pada mata diklat las busur, siswa diberikan pembelajaran teori dan praktek tanpa adanya bimbingan yang baik terhadap siswa dalam pelaksanaan praktek pengelasan. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran siswa sering melakukan praktek secara individu., sehingga persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek tidak baik. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Las 1, X Teknik Las 2, dan X Teknik Las 3 di SMK Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik dalam pemilihan sampel adalah menggunakan rumus Taro Yamane sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X TLAS 1 sebanyak 17 orang, kelas X TLAS 2 sebanyak 11 orang dan X TLAS 3 sebanyak 11 orang. Instrumen penelitian adalah angket persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek pengelasan pada mata diklat las busur yang terdiri dari satu variabel, empat indikator dan 37 butir pernyataan. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui persepsi siswa terhadap kurikulum pembelajaran praktek pengelasan berada pada kategori Baik dengan persentase 79,05%, persepsi siswa terhadap bimbingan guru pada waktu praktek berada pada kategori Baik dengan persentase 64,11%, persepsi siswa terhadap peralatan dan bahan praktek pengelasan berada pada kategori baik 56,42%, Serta persepsi siswa terhadap keselamatan kerja praktek pengelasan berada pada kategori seimbanga yaitu antara baik dan yang kurang baik dengan persentase 48,7% dan 51,3%. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktek pengelasan mata diklat las busur secara keseluruhan berada pada kategori Baik dengan persentase 53,84 %. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa dibimbing kepada sesuatu yang nyata dan tidak hanya sekedar teori saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Praktek Pengelasan, Las Busur, Teknik Las, SMK, Pendidikan Kejuruan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:55
Last Modified: 21 Jul 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item
View Item