Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Hayani, Lisa (2014) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LISA_HAYANI_95380_1994_2016.pdf] Text
final_B1_6_LISA_HAYANI_95380_1994_2016.pdf

Download (724kB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Hayani. (2014) : Peningkatan Hasil Belajar Operasi hitung perkalian dan pembagian dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II SD Negeri 14 VII Koto Sungai Sarik yang disebabkan karena dalam penbelajaran guru kurang memberikan pemecahan masalah kepada peserta didik, dan peserta didik kurang termotivasi untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Operasi hitung perkalian dan pembagian dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah Peneliti dan siswa di kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus 11. perencanan pembelajaran memperoleh rata-rata 78,57% (B) menjadi 92,85% (SB). Aktivitas guru memperoleh 75% (B) menjadi 80,56 (B), aktivitas siswa dari 72.22 (B), menjadi 88,89 % (SB) serta hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I memperoleh rata-rata 67,5 mengalami peningkatan menjadi 75. Pada aspek afektif siklus I memperoleh rata-rata 56,82 mengalami peningkatan menjadi 91,92. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 556.82 mengalami peningkatan menjadi 81,44. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kontrutivisme dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II SD Negeri VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan konstruktivisme, Metode pembelajaran, Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:55
Last Modified: 21 Jul 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15937

Actions (login required)

View Item
View Item