Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Discovery di Kelas V SD Muhammadiyah Payakumbuh.

Syahreni, Syahreni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Discovery di Kelas V SD Muhammadiyah Payakumbuh. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SYAHRENI_1110628_1504_2014.pdf] Text
final_B1_6_SYAHRENI_1110628_1504_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Karena pembelajaran selama ini masih berpusat pada guru, suasana dalam proses pembelajaran tidak menyenangkan dan belum membiasakan siswa bekerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar observasi/pengamatan, dan lembar tes dengan subjek guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Payakumbuh.
Hasil penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I sudah memperoleh persentase perolehan nilai 71,43 (kualifikasi baik), meningkat pada siklus II menjadi 82,14 (kualifikasi sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 70,00 (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 80,00 (kualifikasi sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 70,00 (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 80,00 (kualifikasi sangat baik). Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 72,96 meningkat siklus II 86,82. Aspek afektif siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 70,80 meningkat siklus II 84,86. Aspek psikomotor siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 69,50 meningkat siklus II 80,27. Persentase perolehan nilai siklus I 71,41 meningkat siklus II 83,95. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Metode Discovery, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:54
Last Modified: 21 Jul 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item
View Item