Syahnur, Syahnur (2014) Peningkatan Proses Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Strategi Inkuiri Sosial di Kelas V SD Negeri 31 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYAHNUR_11879_3232_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYAHNUR_11879_3232_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYAHNUR_11879_3232_2015.pdf
Download (833kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih didominasi oleh guru dengan ceramah. Guru kurang mengoptimalkan dan menitikberatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, guru belum terbiasa membagi siswa ke dalam kelompok belajar, dan belum memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri pemecahan masalah dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi Inkuiri Sosial di Sekolah Dasar.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang mengikuti prinsipprinsip dasar penelitian tindakan kelas secara umum. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 31 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar IPS siswa. hasil perencanaan pembelajaran siklus I 80 mengalami peningkatan 92 pada siklus II, Sedangkan lembar pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 80,5 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90. Kemudian untuk aktivitas siswa diperoleh rata-rata siklus I 80,5 meningkat menjadi 93 pada siklus II. rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 75,25 meningkat pada siklus II menjadi 85,44. Dengan demikian, strategi Inkuiri Sosial dapat meningkatkan proses serta hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 31 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, Strategi Inkuiri Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15926 |