Maneiza, Viskia (2019) Pembuatan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dengan Learning Cycle 5E pada Materi Fluida Kelas XI”. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VISKIA_MANELZA_15033019_2733_2019.pdf [thumbnail of B1_5_VISKIA_MANELZA_15033019_2733_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VISKIA_MANELZA_15033019_2733_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan merupakan upaya dalam pembentukan suatu karakter manusia.
Diperkuat dengan adanya Perpres No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan
Karakter. Namun kenyataan di lapangan belum sesuai dengan harapan yang
diinginkan pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan penyebaran angket kepada
peserta didik di SMAN 1 Batang Anai. Diketahui bahwa rendahnya motivasi belajar
peserta didik akibat kurangnya pelaksanaan praktikum dan penunjangnya seperti
LKPD. Sesuai dengan Perpers No. 87 tahun 2017 tentang PPK, maka dalam LKPD
perlu ditambahkan nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian dengan menghasilkan produk berupa LKPD yang terintegrasi
nilai-nilai karakter dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E
pada materi fluida kelas XI yang valid.
Penelitian yang dilakukan berfokus pada pembuatan lembar kerja peserta
didik sesuai dengan langkah-langkah pembuatan lembar kerja perserta didik
menurut Depdiknas(2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan
kevalidan LKPD yang telah dibuat secara sistematis dan tepat. Validasi dinilai oleh
tiga dosen Fisika UNP dan satu guru fisika SMAN 1 Batang Anai yang dilakukan
dua kali. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validitas
dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis validitas produk.
Penelitian ini mendapatkan dua hasil penelitian, penelitian pertama
menghasilkan produk berupa lembar kerja peserta didik yang terintegrasi nilai-nilai
karakter dengan model Learning Cycle 5E pada materi fluida kelas XI dan hasil
penelitian kedua adalah hasil uji validitas yang dilakukan dua kali untuk
mendapatkan produk yang valid. Pada validitas pertama didapatkan nilai 84 dan
nilai validitas kedua 92 dengan kriteria sangat valid. Pada validitas pertama
didapatkan validitas isi adalah sebesar 80 dengan kriteria validitas valid. Pada
validitas konstruk didapatkan 86,5 dengan kriteria sangat valid. Pada penilaian
validitas yang kedua didapatkan nilai dari validitas isi menjadi 93 dan validitas
konstruk adalah 94,5 dengan kriteria sangat valid. Jadi, kesimpulan dari penelitian
ini adalah LKPD terintegrasi nilai-nilai karakter dengan Learning Cycle 5E sangat
layak digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida kelas XI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, NILAI-NILAI KARAKTER, LEARNING CYCLE 5 E, VALIDITAS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15925 |