Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Numbered Head Together ( NHT ) di Kelas IV SDN 25 Saruaso Kab.Tanah Datar

Syilvia, Riva (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Numbered Head Together ( NHT ) di Kelas IV SDN 25 Saruaso Kab.Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIVA_SYILVIA_93516_1948_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIVA_SYILVIA_93516_1948_2016.pdf

Download (886kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran PKn yang didominasi oleh guru yang bersifat konfensional. Guru masih menggunakan metode ceramah mulai dari pembelajaran sampai akhir, belum tepatnya strategi dan model pembelajaran diharapkan sehingga mengakibatkan siswa belum bisa menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, dan menganggap PKn adalah pelajaran yang membosankan sehingga siswa terbiasa pasif dalam belajar yang pada akhirnya hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning Numbered Head Together ( NHT ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang mana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 25 Saruaso Kab.Tanah Datar. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning Numbered Head Together ( NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari penilaian (1) Perencanaan dari nilai rata-rata 71% pada siklus I pertemuan I menjadi 79% pada siklus I pertemuan II dan meningkat menjadi 86% pada siklus II pertemuan I, (2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dari 69% pada siklus I pertemuan I menjadi 75% pada siklus I pertemuan II dan meningkat menjadi 88% pada siklus II pertemuan I dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa dari 59% pada siklus I pertemuan I menjadi 72% pada siklus Ipertemuan II dan meningkat menjadi 88% pada siklus II pertemuan I serta (3) Hasil belajar siswa dari rata-rata 64,87 pada siklus I menjadi 81,91 pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model Cooperative Learning Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di SDN 25 Saruaso Kab.Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: embelajaran PKn, Model Cooperative Learning Numbered Head Together ( NHT )
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:15
Last Modified: 21 Jul 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item
View Item