Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pembuatan Mind Mapping di kelas IV SD N 32 Teluk Raya Kabupaten Pesisir Selatan

Tisyam, Syafrina (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pembuatan Mind Mapping di kelas IV SD N 32 Teluk Raya Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SYAFRINA_TISYAM_1108419_5211_2016.pdf] Text
final_B1_6_SYAFRINA_TISYAM_1108419_5211_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IP yaitu a) guru belum terlihat melakukan perencanaan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, b) guru belum menggunkana format RPP untuk melaksanakan pembelajaran, c) guru lebih mendominasi proses pembelajaran, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan kurang mampu mempertahankan daya ingat dalam jangka panjang. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang menarik dan bervariasi, salah satunya adalah pembelajaran dengan pembuatan mind mapping. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS dengan Pembuatan Mind Mapping di kelas IV SD N 32 Teluk Raya Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 32 Teluk Raya Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari a) penilaian RPP pada siklus I adalah 76,8% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II yaitu 92,9% dengan kualifikasi sangat baik, b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I 77,3% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II yaitu 90,1% dengan kualifikasi sangat baik. Dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai 68,2% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II yaitu 86,3% dengan kualifikasi sangat baik , c) hasil belajar siswa pada hasil penelitian siklus I adalah 70,8 dengan kualififikasi cukup pada siklus II meningkat menjadi 79,6 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, pembuatan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IVSD N 32 Teluk Raya Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPS, Mind Mapping, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:15
Last Modified: 21 Jul 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item
View Item