Peningkatan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Media Audio Visual bagi Siswa Kelas II SDN 08 Kampung Pondok Kota Pariaman.

Andriani, Lisa (2011) Peningkatan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Media Audio Visual bagi Siswa Kelas II SDN 08 Kampung Pondok Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LISA ANDRIANI_07654_2011.pdf] Text
final_B1_6_LISA ANDRIANI_07654_2011.pdf

Download (394kB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan media audio visual bagi siswa kelas II SDN 08 Kampung Pondok Kota Pariaman. Karena berdasarkan studi pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan menyimak siswa masih rendah, penyebabnya guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa secara tidak langsung masuk dalam kondisi pengajaran yang verbalistik. Selain itu guru tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Pembelajaran menyimak bertujuan untuk peningkatan kemampuan menyimak siswa dengan menggunakan media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak bagi siswa kelas I1 SD. Hal ini tercermin dari (1) penggunaan media audio visual dapat memotivasi siswa untuk lebih fokus dalam menyimak, aktif, dan produktif sehingga kendala yang sering menghambat siswa dalam menjawab pertanyaan menjadi lebih percaya diri, dan malu dalam bercerita atau mengeluarkan pendapat dapat teratasi, (2) siswa terlatih dalam menjawab pertanyaan dari guru, berani mengemukakan pendapat dan bersedia mendengar pendapat orang lain serta mau menerima pendapat orang lain, (3) kemampuan menyimak siswa semakin meningkat, dari semula kurang mampu menceritakan kembali isi dongeng yang telah disimak dan membuat kesimpulan berdasarkan versi masing-masing, menjadi mampu dalam menceritakan kembali isi dongeng yang telah disimak dan membuat kesimpulan dari apa yang didengar dan dapat meningkatkan menyimak secara efektif dengan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan, Menyimak, dengan Menggunakan, Media, Audio Visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:05
Last Modified: 21 Jul 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item
View Item