Zahara, Rita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Andalas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_ZAHARA_09645_5297_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_ZAHARA_09645_5297_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_ZAHARA_09645_5297_2013.pdf
Download (180kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah yang ada di SD Negeri 32 Andalas Padang. Masalahnya terdapat pada pencapaian hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPA. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih banyak bersifat penyampaian menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena materinya sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah agar guru dapat membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya, serta untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SD Negeri 32 Andalas Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa . Hasil pengamatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,25%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 94,25%. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor 67,56. Sedangkan pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor 72,5. Siklus II pertemuan 1 rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor meningkat menjadi 77,8. Sedangkan pertemuan 2 rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor meningkat menjadi 80,9. Dari hasil yang dicapai siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 32 Andalas Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Keterampilan Proses, Pembelajaran IPA, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15913 |