Sofnita, Lira (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pengajaran Langsung Di Kelas III SDN No 22 Kampung Luar Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LIRA_SOFNITA_57023_154_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_LIRA_SOFNITA_57023_154_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LIRA_SOFNITA_57023_154_2013.pdf
Download (410kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 22 Kampung Luar Salido dengan latar belakang adanya fenomena di sekolah dimana guru selama ini banyak yang menerangkan dari konsep kefakta padahal dalam IPS pembelajaran dimulai dari fakta kekonsep. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan Model Pengajaran Langsung. Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk mengenal konsep dan memiliki keterampilan tentang masyarakat dalam kehidupan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yakni : Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masingmasing siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan hasil tes, diskusi, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I, rata-rata nilai RPP (67,9), rata-rata nilai aspek guru (66,1),dan rata-rata aspek siswa (62,5) serta rata-rata hasil belajar (66,8).Pada siklus II rata-rata nilai dari RPP (92,9), rata-rata nilai aspek guru (96,4), rata-rata aspek siswa (96,4) serta rata-rata hasil belajar adalah (85). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pengajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 22 Kampung Luar Salido.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, Pengajaran langsung, Pendidikan dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15911 |