Istiqamah, Rahma (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik i Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Batu Putiah Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMA_ISTIQAMAH_16129381_4100_2020.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMA_ISTIQAMAH_16129381_4100_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMA_ISTIQAMAH_16129381_4100_2020.pdf
Download (598kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa
pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 04 Batu Putiah masih terpusat
pada guru, guru belum maksimal mengaitkan antar mata pelajaran, guru kurang
memberikan masalah sesuai dengan kehidupan nyata peserta didik dan kurang
memupuk kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah, sehingga hasil
belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 04 Batu Putiah
Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan peserta didik
kelas IV dengan jumlah peserta didik 19 orang dan peneliti berperan sebagai
praktisi serta guru kelas dan teman sejawat sebagai observer. Penelitian
dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali
pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II,
perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 80,69% (B) menjadi 95,45%
(A), aktivitas guru dari 81,25% (B) menjadi 96,87% (A), aktivitas peserta didik
dari 81,25% (B) menjadi 96,87% (A), dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada
aspek pengetahuan yaitu 78,68 menjadi 90,11, serta pada aspek keterampilan
memperoleh rata-rata 75,72 menjadi 90,79. Dengan demikian penelitian tindakan
kelas dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Batu Putiah
Kabupaten Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Tematik Terpadu,Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15910 |