Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Yani, Lira Putri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LIRA_PUTRI_YANI_56844_1381_2016.pdf] Text
final_B1_6_LIRA_PUTRI_YANI_56844_1381_2016.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pembelajaran masih sering didominasi guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum melibatkan siswa. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPA siswa rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah Pendekatan Keterampilan Proses. Masalah penelitian adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di kelas IV SDN 16 Tigo Alua. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis PTK. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan: a) Perencanaan siklus I adalah 67,87% dan siklus II menjadi 85,72%. b) Pelaksanaan aspek guru siklus I 66,07% pada siklus II menjadi 89,29% sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I 66,07% menjadi 91,07% pada siklus II. c) Hasil belajar siswa siklus I 72,89 sedangkan siklus II menjadi 83,94. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 16 Tigo Alua Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pendekatan keterampilan proses, Metode pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:55
Last Modified: 21 Jul 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item
View Item