Pengaruh Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang

Habibi, Husnul (2012) Pengaruh Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HUSNUL HABIBI 05052.pdf] Text
B1_5_HUSNUL HABIBI 05052.pdf

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan handout dalam model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang berarti penggunaan handout dalam model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang’’. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental ) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2011/2012 yang tersebar pada 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana anggota sampelnya ditentukan berdasarkan pada ciri tertentu yang dianggap mempunyai hubungan erat dengan ciri populasi dengan kelas yang dipilih untuk menjadi sampel adalah kelas VIII2 dan kelas VIII4. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk aspek kognitif, lembar observasi untuk aspek afektif, dan rubrik penskoran pada aspek psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh pencapaian kompetensi siswa, pada aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,12 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 60,13. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 3,11 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, kriteria penerimaan Hi jika , berarti Hi diterima. Pada aspek afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,83 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,96. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung =1,68 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, kriteria penerimaan Hi jika , berarti Hi diterima. Pada aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,63 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,19. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung =1,88 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan handout dalam model pembelajaran kooperatif tipe script terhadap pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN HANDOUT, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:57
Last Modified: 21 Jul 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

View Item
View Item