Ritawati, Ritawati (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas III SD Negeri 13 Malampah Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RITA_WATI_09780_3596_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RITA_WATI_09780_3596_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RITA_WATI_09780_3596_2012.pdf
Download (576kB)
Abstract
Pembelajaran menulis Di Sekolah Dasar (SD) khususnya menulis karangan narasi masih banyak yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Siswa dalam pembelajaran hanya sebagai objek, sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru kurang memberikan langkah-langkah dalam menulis karangan narasi sehingga murid kesulitan dalam menulis karangan. Dalam Studi pendahuluan yang peneliti lakukan, untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi guru harus memilih media yang tepat dan sesuai, salah satunya adalah media gambar seri. Peggunaan media gambar seri memudahkan siswa kelas III dalam menulis karangan narasi pada tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri di kelas III SD Negeri 13 Malampah Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 13 Malampah Utara Pasaman. Instrumen utama dari penelitian ini yaitu peneliti sebagai praktisi dan teman sejawat sebagai pengamat, yang disertai instrumen penunjang yaitu pedoman pengamatan, pencatatan lapangan dan hasil tes siswa. Berdasarakan hasil belajar siswa gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan nilai yang didapat pada setiap siklus. Pada siklus I tahap prapenulisan penilaian yang didapat adalah dengan kualifikasi kurang ( 58.3), pada tahap penulisan kurang (57.5), dan pada pascapenulisan kurang (57.3). Pada siklus II nilai siswa terdapat peningkatan yaitu pada tahap prapenulisan adalah dengan kualifikasi sangat baik (87),pada tahap penulisan sangat baik (90.5), dan pada tahap pascapenulisan sangat baik (87,3).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Narasi, Menggunakan Media Gambar Seri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15904 |