Iffendri, Rifni (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Perkalian Dengan Permainan Kartu Di Kelas IIIA SD Negeri Percobaan Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_RIFNI_IFFENDRI_51735_5077_2012.pdf
Download (160kB)
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, masih ditemui hambatan diantaranyaaktivitas siswa masih kurang dan hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Salahsatu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian siswa adalahdengan permainan kartu .Menyadari hal demikian, penulis mengadakan penelitian tindakan kelasyang rumusan masalahnya adalah ”Bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswadengan permainan kartu dalam pembelajaran perkalian di Kelas IIIA Sekolah DasarNegeri Percobaan Padang?”Subjek penelitian siswa kelas IIIA dengan jumlah siswa 24 orang. Hipotesispenelitian ini adalah penggunaan model permainan kartu dapat meningkatkanaktivitas dan hasil belajar perkalian siswa kelas IIIA. Tujuan peneliltian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dengan permainan kartu padapembelajaran perkalian di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang.Efektifitas tindakan diamati dengan lembaran observasi dan tes di akhirsetiap siklus. Pada akhir siklus I dan II aktivitas siswa mengalami peningkatan.Sedangkan hasil tes diakhir siklus I dan II berturut-turut yang mencapai KKM adalah66,6 dan 83.3. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan permainan kartudapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian siswa kelas IIIA SD Negeri Percobaan Padang.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hail Belajar; PeningkataN Aktivitas; Permainan Kartu; Perkalian; Sekolah Dasar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:58 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/159 |