Safitri, vira Melodi (2022) Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Fluida Statik, Suhu dan Kalor Di Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VIRA_MELODIA_SAVITRI_17033169_1762_2022.pdf [thumbnail of B1_5_VIRA_MELODIA_SAVITRI_17033169_1762_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VIRA_MELODIA_SAVITRI_17033169_1762_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Menyikapi tantangan Abad 21, antara lain perlu dikembangkan
keterampilan berfikir kreatif termasuk dalam pembelajaran di sekolah. Namun
kenyataan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah, hal ini antara lain
disebabkan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa dalam
dalam membangun pengetahuannya melalui fenomena disekitarnya dan
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam mata
pelajaran fisika. Penelitia ini secara umum adalah menghasilkan modul fisika
berbasis kontekstual yang mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif. Secara
khusus adalah untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas serta efektivitas
dari modul fisika berbasis kontekstual yang mengintegrasikan kemampuan
berpikir kreatif pada materi fluida statis dan suhu kalor
Jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development dengan
desain ADDIE. Alasan peneliti memilih menggunakan model pengembangan
ADDIE dikarenakan model pengembangan ini memiliki keunggulan pada tahapan
kerjanya yang sistematik. Setiap fase dilakukan evaluasi dan revisi dari tahapan
yang dilalui, sehingga produk yang dihasilkan menjadi produk yang valid.
Tahapan penelitian yang dilakukan adalah analysis, design, development,
implemenation dan evaluation. Instrumen berupa lembar angket uji validitas oleh
dosen dan lembar angket uji kepraktisan oleh dosen. Selanjutnya data dianalisis
menggunakan statistik dengan t-test berkorelasi (related)”.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa Modul
fisika yang dikembangkan memperoleh nilai 84,80 dan berada pada kategori
valid, Penggunaan modul pada materi fluida statis dan suhu kalor memperoleh
nilai kepraktisan masing-masing 88 dan 92, yang keduanya berada pada kategori
praktis, Penggunaan modul yang diuji keefektifannya pada siswa SMA
memperoleh nilai 30,33 di tahap pretest dan 60,73 di tahap postest. Kenaikan ini
menunjukkan bahwa modul berada pada kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL, CONTEXTUAL LEARNING, KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF, MATERI FLAUDIA STATIS, MATERI SUHU KALOR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15899 |